- Wanita kulit hitam lebih bermasalah atasi kanker serviks

Rabu, 27 Desember 2017

Wanita kulit hitam lebih bermasalah atasi kanker serviks

Wanita kulit hitam lebih bermasalah atasi kanker serviks,- Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli dari University of South Carolina di Kolumbia menemukan fakta yang cukup provokatif, yaitu wanita kulit hitam lebih berpotensi terserang kanker serviks dan mengalami kesulitan dalam penyembuhan penyakit tersebut. Penelitian yang telah dilaporkan dalam sebuah konferensi American Association for Cancer Research di Chicago ini menyatakan bahwa wanita kulit hitam bermasalah dalam melawan virus human papilloma virus (HPV) yang menyebabkan kanker serviks.

Studi ini melibatkan 326 murid wanita berkulit putih dan 113 sisanya wanita Afro-Amerika yang menjalani tes HPV setiap enam bulan sekali di sekolah mereka. Hasil tes menunjukkan bahwa wanita kulit gelap berisiko 1,5 kali lebih besar terjangkit kanker serviks.

"Wanita Afro-Amerika tidak bisa melawan virus HPV dengan cepat. Mereka tetap 'memelihara' virus tersebut selama enam bulan atau lebih," ungkap kepala peneliti Kim Creek.

Para ahli pun menduga gen dalam wanita berkulit hitam yang membuat mereka mengalami kesulitan untuk melawan virus HPV. Selain itu, jika penelitian ini dikembangkan lebih lanjut dan banyak teori yang mendukungnya, maka vaksin HPV akan menjadi salah satu pencegahan terbaik bagi wanita kulit hitam untuk melawan virus penyebab kanker serviks ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar